Senin, 12 November 2012

TELEMATIKA

DEFINISI

Ø  Istilah telematika merupakan adopsi dari bahasa asing. Kata telematika berasal dari kata dalam bahasa Prancis, yaitu telematique. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika.

Ø  Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Pada praktisi menyatakan bahwa “Telematics“ adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi komunikasi pada saat itu.

Ø  Diantara para ahli mengatakan bahwa Telematics merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “Telecommunication and Informatics” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

KESIMPULAN

Telematika adalah sebuah singkatan dari Telekomunikasi Media dan Informatika. Dimana ketiganya itu sangat saling terkait, karena apabila salah satu diantara ketiganya tidak ada, maka tidak dapat dinamakan Telematika. Misalnya Handphone, apakah handphone bisa dikatakan telematika? belum tentu, bisa dikatakan telematika apabila ketiga kata tersebut digunakan, misalnya pada handphone kita dapat membuka  facebook kita menggunakan telekomunikasi untuk menghubungi orang dengan media handphone, dan kita akan mendapatkan informasi dari facebook tersebut. dan bisa dikatakan bukan telematika apabila handphone tersebut digunakan hanya untuk telepon ataupun sms. 
Oya, ini menurut saya loh.. jadi kalo emang ternyata salah kritik aj ya,,, ;)

       IMAJINASI

Punya cincin yang bisa membantu dalam hal komunikasi, mendeteksi barang yang hilang. Ke bulan naik mobil. Punya pintu kemana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar